Rabu, 02 November 2016

RUMUS SENDERHANA DENGAN MS.EXCEL




Kali ini saya akan jelaskan cara menggunakan rumus dalam MS. Excel.
1.             Penjumlahan
a.    Untuk penjumlahan gunakan rumus “SUM”. Langkah pertama siapkan data yang akan digunakan. Contohnya seperti gambar dibawah ini:
b.    Arahkan kursor pada kolom G7dan klik satu kali. Lihat gambar dibawah ini:
c.    Ketik =SUM (C7:F7). Lalu enter. Lihat gambar:
d.   Setelah muncul hasilnya, arahkan kursor pada kolom G7 di sebelah kanan bawah, dan tarik kebawah hingga akhir penilaian. Contoh seperti di bawah ini:


Semoga berhasil. Untuk rumus selanjutnya yaitu rumusmencari nilai rata-rata.
2.             Rata-rata
Untuk mencari nilai rata-rata gunakan rumus “AVERAGE”. Langkah-langkah menggunakan rumus everage yaitu pertama arahkan kursor pada kolom H7 dan klik satu kali. Kemudian ketik =AVERAGE(C7:F7) lalu enter.
Untuk mengetahui hasil dari kolom yang dibawahnya, yaitu kolom H8 gunakan hal yang sama seperti pada langkah dalam penjumlahan poin “d”, hanya saja kursor arahkan ke kolom H7, dan selanjutnya tarik kebawah hingga akhir penilaian.
Semoga bermanfaat.
3.             Penggunaan rumus “IF” untuk memberikan keterangan pada nilai yang kurang atau tidak. Cara pertama yaitu arahkan kursor pada kolom L7. Klik 1 kali dan ketik =IF(K7>=75;”Lulus”;”Tidak Lulus”) lalu tekan enter. Artinya, pada kolom 7 jika nilai lebih dari atau samadengan 75 maka dinyatakan lulus, jika kurang maka tidak lulus. Lihat gambar di bawah ini:
Untuk mengetahui hasil dari kolom yang dibawahnya, yaitu kolom L8 gunakan hal yang sama seperti pada langkah dalam penjumlahan poin “d”, hanya saja kursor arahkan ke kolom L7, dan selanjutnya tarik kebawah hingga akhir penilaian.
Semoga berhasil.
4.             Memberi peringkat pada nilai.
Untuk memberikan peringkat atau rinking, gunakan rumus “RANK”. Lanngkah pertama yaitu, letakkan kursor pada kolom M7. Klik 1 kali dan ketik =RANK(K7;$K$7:$K$31;0) lalu enter. Lihat gambar:
Untuk mengetahui hasil dari kolom yang dibawahnya, yaitu kolom M8 gunakan hal yang sama seperti pada langkah dalam penjumlahan poin “d”, hanya saja kursor arahkan ke kolom M7, dan selanjutnya tarik kebawah hingga akhir penilaian.
Semoga berhasil.
5.             Mencari nilai Maksimal dan Minimal dengan menggunakan rumus “MAX” dan “MIN”
Arahkan kursor pada kolom C31. Klik 1x dan ketik =MAX(C7:C30) lalu enter.
Untuk mengetahui hasil dari kolom yang disampingnya, yaitu kolom D31 gunakan hal yang sama seperti pada langkah dalam penjumlahan poin “d”, hanya saja kursor arahkan ke kolom C31 dan tarik ke kanan sampai pada kolom F31.
Selanjutnya mencari nilai minimal, langkahnya hampir sama dengan mencari nilai maksimal, namun menggunakan rumus “MIN”.
Arahkan kursor pada kolom C32. Klik 1X. Dan ketik =MIN(C7:C30) lalu enter.
Untuk mengetahui hasil dari kolom yang disampingnya, yaitu kolom D32 gunakan hal yang sama seperti pada langkah dalam penjumlahan poin “d”, hanya saja kursor arahkan ke kolom C32 dan tarik ke kanan sampai pada kolom F32.

Untuk download contoh praktik penggunaan rumus excel yang sudah saya sampaikan di atas silahkan klik disini.
Semoga bermanfaat.Sekian terimakasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar